MAKAN DI LONDON MURAH, INI FAKTANYA!

Saturday, June 29, 2019

Definisi kata "Murah" tidak selalu sama untuk kantong setiap orang, biasanya hal ini sejalan dengan gaya hidup atau lifestyle keseharian dari masing-masing. Sebagian besar dari teman-teman traveler yang saya temui kerap berucap "Tidak Murah" untuk hidup di LONDON karena dari mata uangnya aja sudah mahal jika di convert dari 1 GBP ke IDR (saat itu 18.300 IDR). Bahkan, untuk ke toilet umum saja bisa dikenakan biaya min. 50 sen poundsterling atau setara dengan 9.000 IDR. Gokil! Penasaran dengan seberapa "Mahal" biaya di London, saya pun nekat untuk solo traveling dan menemukan beberapa tempat makan yang tergolong murah! Nah, ini faktanya...



Setibanya di London, perjalanan dari Heathrow Airport menuju hostel memakan waktu kurang lebih 40 - 60 menit, sepanjang perjalanan, saya tidak hanya melihat pemandangan perumahan kota London dari jendela di kereta, tapi saya juga berpikir enaknya makan apa ya siang hari itu?. Tiba di hostel pukul 12:30 PM, setelah proses check in selesai, hal pertama yang saya cari adalah supermarket terdekat. Kenapa? karena biasanya supermarket menjadi sahabat saya ketika diluar negeri untuk menghemat biaya makan, selain itu makanan yang ditawarkan juga tergolong nikmat.

Nah, ini beberapa pilihan makanan dan juga resto yang tergolong murah karena mulai dari 3 GBP  sampai 7 GBP untuk daily meal dan saya juga sempat mencoba untuk menu paket lunch paling murah di London seharga 12,50 GBP yang kalau di convert sekitar 229.116 IDR. Check it out below!!

Ini harganya sekitar 6 GBP. Porsinya cukup besar jadi bisa untuk makan berdua. Lokasi di Edinburgh, UK.

Nah, ini makanan siap saji yang ada supermarket ,7 GBP bisa dapat 3 Box. Kamu tinggal panasin di microwave dan rasanya tetap enak. Lokasinya di Marks & Spencer supermarket dan bisa ditemukan di supermarket biasa dengan menu yang berbeda
CHIPOTLE, salah satu makanan favorite ketika saya tinggal di USA. Makanan gaya mexico yang dikenal dengan Burrito dan identik dengan saucenya yang pedas ini ternyata bisa juga ditemukan di London atau beberapa negara Eropa lainnya. 1 bowl seharga 7 GBP dengan aneka filling mulai dari brown rice, red/black beans, vegetables, corn and many more. WAJIB COBA! 





Makanan yang satu ini namanya Beef Bulgogi, bisa di temukan di WASABI resto yang tersebar di London. Harganya 6 GBP, porsinya banyak, nikmat dan banyak pilihan menu lainnya.

WOK TO WALK!! ini juga salah satu tempat makan dengan kategori murah dan nikmat yang bisa ditemukan di London atau di Negara bagian Eropa lainnya. Saya juga mencoba wok to walk untuk pertama kalinya ketika liburan ke Amsterdam. Untuk harga makanan basicnya sekitar 4.50 GBP sudah termasuk nasi dan sayuran atau bisa juga diganti dengan pilihan mie. Kalau mau add on daging atau condiment lainya akan ada biaya tambahan. Biasanya total yang saya makan cuma sampai 8 GBP.


LAST! Ini adalah makanan yang paling mahal yang saya makan selama di London. Saya lupa dengan nama restaurantnya, tapi ini salah satu Chinese food restaurant dengan nuansa yang cukup berkelas. Restaurant ini menawarkan menu paket makan siang seharga 12,50 GBP atau setara dengan 229.000 IDR yang terdiri dari appetizer and main course dengan pilihan yang sudah tersedia di menu. Back to the root ya, kayanya nga bisa kalau nga menikmati santapan chinese food.

Semoga ada gambaran ya buat kalian yang mau liburan ke London, jadi sudah bisa menyiapkan budget untuk makanan per hari nya mulai dari yang murah hingga mahal.
Goodluck dan jangan lupa untuk follow @Eyoslatter for daily update!



  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. wahhhh murmerr bangetttt Beef Bulgogi pengen cobaaa

    ReplyDelete