CARA MUDAH NAIK TRANSPORTASI DI JEPANG!

Wednesday, August 14, 2013

Hi travelista, kamu punya rencana liburan ke Jepang? Takut nggak bisa bahasa jepang, bingung menggunakan transportasi / train di Jepang, now you don’t have to worry about that, let me shared my experience to all of you about how to use the transportation in Japan. 

Well, Jepang memiliki 4 jenis alat transportasi local yang perlu diketahui; Train, Subway, Shinkansen dan Taxi. Untuk Train and shinkansen totally different, biasanya train digunakan untuk transportasi local seperti dari Tokyo ke Shinjuku, sedangkan shinkansen merupakan kereta tercepat antar kota!  Nah, saat kamu di jepang do not ever used a taxi, karena harganya mahal banget!! Is that TRUE? YESS, i can't forgot my first experienced to used a taxi from the airport to my hotel, karena udah terlalu malam jadi terpaksa harus menggunakan taxi dan merogoh kocek sebesar 9000 YEN, sama aja seharga IDR 900.000,- Kebayang kan kalau di Jakarta uang segitu bisa ke Jakarta-Bdg-Jakarta maybe. Jadi atur sebaik mungkin perjalanan kamu kalau ingin kejepang, usahakan tiba di Haneda or Narita Airport before midnight! Now let’s see how to used it…



HOW TO BUY SHINKANSEN TIKET & HOW TO USED IT!
First things that we should know is shinkansen / JR PASS available for foreigner only, and we can not buy it in Japan. Di Indonesia sendiri, tiket shinkansen bisa beli di Keio prince – sudirman, harganya sekitar 28.000 YEN atau IDR 2,800,000,- (tergantung kurs) dan bisa digunakan dalam jangka waktu 7 hari untuk melakukan perjalanan jauh antara Tokyo - Kyoto - Osaka - Yokohama and Tokyo again, and harga tersebut tergolong murah kalau kamu ke beberapa kota, selain itu kelebihan shinkansesn juga bisa digunakan untuk Train dalam kota lho, jadi bakal menghemat budget banget, karena di jepang dalam sehari kamu bisa menghabiskan 1.500 Yen / IDR 150.000,- untuk tiket train or subway. And, the most important things is DO NOT LOST your JR PASS, once you lost it, they don’t care, you should buy a new one via online, and the price quite expensive. So becarefull and take care your JR Pass carefully. This is how to exchange and used it.
  1. Tukarkan lembar konfirmasi yang kamu dapat saat membeli JR PASS di Indonesia (i'm sorry, i forgot to take the confirmation letter from Indonesia) ke pusat informasi yang ada di setiap stasiun kereta atau bandara, dan kamu akan mendapatkan 1 buah lembar JR PASS yang sudah aktif dan siap digunakan. Anyway, pusat informasi open dari 07.30 until 10pm.
  2. Find this counter for reserved your ticket to Kyoto, Osaka, Mt.Fuji or Yokohama!
  3. That’s my JR PAS for 7 days and my first ticket to KYOTO. Nah cara bacanya juga simple lho;
·         TOKYO – KYOTO adalah kota yang ingin dituju.
·         11.33 – 14.14 adalah jam keberangkatan dan ketibaan di kota tsb.
·         HIKARI 511 adalah nama Shinkansen yang akan kamu gunakan
·         Car 6 adalah Gerbong 6 dan 3-D adalah nomor kursi kamu di gerbong 6. Simple right?






WHAT TO DO ON THE TRAIN?? Nah biasanya warga jepang menyantap sarapan, makan siang atau makan malam di kereta, just like what they did, so this is my lunch… yummy huh? Haha



LAST but not least! HOW TO USE A SUBWAY OR TRAIN? Follow this step…
  1. Cek tujuan kamu dan perhatikan harganya. Setiap counter tiket train or subway memiliki 2 bahasa, baik inggris atau kanji jepang.
  2. Masukkan Yen sesuai tujuan kamu, apabila kamu tidak memiliki coin, kamu bisa menggunakan uang kertas, pilih harga tiket tujuan dan kamu akan menerima uang kembalian.
  3. Angka 1,2,3 & 4 pada mesin tiket merupakan jumlah tiket yang ingin kamu beli, maksimal 4 tiket untuk 1 kali transaksi


Easy right? Hopefully it works for you.. happy travelling and have fun :)

  • Share:

You Might Also Like

24 comments

  1. Replies
    1. oops my bad! it supposed to be 28.000 yen :D Thanks for reminder

      Delete
  2. bro kalo kita udh sampe nh di bandara tokyo haneda, pesawat kira" sampe sore menjelang malem,. nah bsok paginya mau langsung ke osaka naik kreta stasiun mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung nginep di daerah mana ya bro? Most of the train station bisa menggunakan shinkansen untuk ke osaka or kota lain. I suggest that you book a hotel close to train station. I stayed at Ikebukuro before or you can find somewhere close to shinjuku train station recommended from me ;) -> http://www.leonardo-slatter.com/2013/07/hotel-murah-bersih-nyaman-di-jepang.html

      Delete
  3. Hi, sepertinya sudah naik sedikit ya harga JR Pass sekarang, tetapi saya kemarin beli di Kenikura tour lebih murah dari tour lain. semoga membantu

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kevin, Iya pastinya sudah naik karena ini sudah beberapa tahun dan masih murah kursnya. Mungkin boleh di share harga JR Pass yang kamu beli jadi bisa membantu yang lain ;)

      Delete
  4. Kalau sudah beli JRpass apakah saat di Tokyo harus beli tiket train lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jepanhg ada 2 tipe transportasi, subway dan kereta lokal. JR Pass bisa kamu gunakan untuk shinkansen dan kereta lokal di jepang, tapi untuk subway kamu harus beli tiket lagi dan harganya disesuaikan dengan jarak jauh dan dekat. Jangan lupa Shinkansen hanya berlaku 7 hari selama di Jepang, jadi make sure you use it wisely :) Have fun.

      Delete
  5. Salam kenal..mhn info..soal JR Pass.....jika ada saldo apa ada kembalian saat sdh mau tinggalkan Jepang....spt kartu octopus di hongkong....?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      JR Pass tidak ada saldo seperti kartu octopus dsb, karena JR Pass merupakan kartu khusus untuk berpegian antar kota di Jepang dalam waktu 7 hari dengan menggunakan Shinkansen namun jg bs digunakan untuk kereta local dalam kota, tinggal tunjukkan saja kepetugasnya. Untuk subway mungkin bisa di kembalikan namun lebih baik beli single trip tiap perjalanan karena harganya berbeda-beda sesuai tujuan. Semoga membantu :)

      Delete
    2. salam kenal pak Leonardo..
      kalau ketibaan di Haneda Jam 08.50 bisa langsung ke kyoto dan osaka naik Jr pas dan kembali ke Tokyo lagi tanpa nginap di Jepang cukup waktu nggk ya..

      Delete
    3. Hi mba Fauziah,

      Menurut saya waktunya sangat tidak cukup, mengingat dari bandara haneda ke tengah kota juga membutuhkan waktu yang lama, jadi nanti malah habis waktu dijalan.

      Saran saya, stay saja di Tokyo dulu kemudian baru ke Kyoto dan Osaka keesokan harinya. Untuk Osaka bisa pulang pergi tanpa menginap namun untuk kyoto saya sarankan menginap minimal 2 malam, karena disana banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi, namun semua kembali lagi dengan jadwal mba fauziah. Usahakan untuk menginap disetiap kota jadi bisa merasakan perbedaannya :)

      Delete
  6. Salam kenal..mhn info..soal JR Pass.....jika ada saldo apa ada kembalian saat sdh mau tinggalkan Jepang....spt kartu octopus di hongkong....?....

    ReplyDelete
  7. Haloo.. Perbedaan shinkasen, kereta lokal, dengan subway gimana ya mas? Apa jr pass gabisa mengcover tempat tempat terkenal jadi mengharuskan beli tiket subway lagi?

    ReplyDelete
  8. Haloo.. Perbedaan shinkasen, kereta lokal, dengan subway gimana ya mas? Apa jr pass gabisa mengcover tempat tempat terkenal jadi mengharuskan beli tiket subway lagi?

    ReplyDelete
  9. Pagi pak..saya mau ke osaka dri tgl 7...maunya cuma jln 2 osaka saja dan ke mt fuji...perlu jr pass atau punya saran yang termurah..hehege

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, lebih baik beli JR Pass karena lebih murah, terutama jika berpindah2 ke beberapa kota. Ada alteranitf lain dengan menggunakan bus dan tentunya ini lebih mahal dibanding JR pass. Jadwal dan harga bus bisa di cek di www.japanbuslines.com

      Delete
  10. Siang pak. Kalau di kyoto 2mlm apa bs pp ke kobe dan osaka? Atau lbh baik menhbskan waktu yg sedikit di kyoto saja?

    ReplyDelete
  11. Siang pak. Kalau di kyoto 2mlm apa bs pp ke kobe dan osaka? Atau lbh baik menhbskan waktu yg sedikit di kyoto saja?

    ReplyDelete
  12. Hi, Pak Leonardo
    Saya ingin ke 3kota ini, hokkaido, kyoto, tokyo, JR Pass berlaku tuk sampai ke hokkaido gak? lalu ketiga kota ini bagusnya kemana duluan ya susunannya? lalu dari bandara sapporo ke hotel terdekat biasanya dengan transportasi apa?
    Trims

    ReplyDelete
  13. Hi Santy,

    Seingat saya terakhir saya kesana JR pass tidak bisa digunakan untuk ke hokkaido, namun sekarang sudah ada shinkansen yang mengarah kehokkaido dengan perjalanan kurang lebih 3 1/2 - 4 jam dan sepertinya harus beli terpisah tiketnya, untuk lebih makesure coba langsung tanya di keio prince ya or check this web www.sapporostation.com

    untuk transportasi bisa menggunakan bus ot taxi.

    untuk rute perjalanannya tergantung dari tiket yang dibeli, tapi menurut saya idealnya.
    Jkt - tokyo (menginap sehari atau bisa langsung direct ke hokkaido)
    Hokkaido - Kyoto kemudian Kyoto - Tokyo
    Jadi akan kembali dari Tokyo.

    ReplyDelete
  14. Menyenangkan sekali liburannya..
    thanks infonya kak.

    ReplyDelete
  15. wah mantap pengalanmmmnay ikuw
    apa lagi ada JR PASS MURAH
    jangan lupa kunjungan balik yo
    ke http://www.jrpassmurah.id

    ReplyDelete