DIY: EGG BENEDICT & RICOTTA HOTCAKES

Wednesday, June 12, 2013

Ismaya Catering Café, untuk pertama kalinya memberikan acara kuliner Cooking Class bertajuk “Recreating Comfort Food” yang didukung oleh Social House dan Martha Stewart Living Indonesia. Bertempat di Ismaya Catering Café sendiri, area langsung terbagi menjadi dua bagi para pengunjung biasa dan bagi peserta Cooking Class. Tristan Balian, Executive Chef dari Social House yang memberikan arahan untuk tema masakan siang itu: Egg Benedict, dan Ricotta Hotcakes. Enam buah set meja telah disediakan oleh Tim Ismaya, masing-masingnya sudah lengkap dengan 2 kompor, mangkuk, berbagai jenis bahan yang digunakan, mulai dari Butter, White Wine Vinegar, hingga bumbu masakan lainnya. Setiap meja diisi oleh dua orang, ada yang kakak beradik, suami istri, dua orang sahabat, dan lainnya. 






Dipandu oleh Chef Tristan, para peserta Cooking Class langsung mengikuti arahan sambil sesekali menengok ke layar TV yang disediakan agar bisa lebih detail melihat apa yang Tristan lakukan di areanya. Acara memasak berjalan dengan baik, karena Tristan ikut terjun ke setiap meja peserta dan memberi arahan secara langsung. Semua peserta memulai dengan berkonsentrasi untuk membuat Hollandaise Sauce yang digunakan sebagai lumuran sauce di atas Egg Benedict. Tantangan yang cukup sulit dalam proses ini adalah ketika setiap tim harus mengaduk 6 buah kuning telur di atas uap rebusan air. Beberapa tim harus kembali mengulang dari awal karena hasil adonan mereka yang kurang sesuai. Namun Tristan mampu menjaga semangat mereka dengan terus memberi arahan yang positif dan membangun, “It’s okay, this is what you called with Learning. Making mistakes is one of the process, keep going, you will learn.”






YEAY, I'VE MADE IT




Setelah 1 jam lebih, menu pertama berhasil ditaklukkan. Egg Benedict dari setiap tim selesai dengan baik. Dibantu oleh asisten Chef, masing-masing peserta kemudian menata hasil masakannya seapik mungkin. Tambahan Smoked Turkey Bacon, Sauteed Mushroom, dan Roast Tomatoes menyempurnakan setiap porsi Egg Benedict siang itu. Tak perlu lama untuk mengagumi hasil masakan sendiri, para peserta harus kembali bersiap-siap dengan menu kedua. Tim Ismaya dengan sigap dan cepat langsung membersihkan setiap meja peserta dan mengambil bekas bahan masakan yang telah dipakai sebelumnya.



Kini di atas meja hanya tinggal bahan-bahan yang cukup mudah, seperti Ricotta Butter, Milk, Baking Powder, dan dua buah pisang. Yes, next menu: Ricotta Hotcakes. Serupa dengan pancakes, para peserta langsung membuat adonannya. Hal paling seru pada bagian ini adalah ketika kami harus mengaduk putih telur hingga menjadi foam. Cara mengaduknya harus dalam kecepatan yang tinggi seperti mixer. Seorang anak laki-laki yang masih berusia kisaran sepuluh tahun menunjukkan determination yang tinggi selama acara kelas memasak ini berlangsung, dengan mengaduk adonan hingga pipinya kemerahan.




Tak lama, Ricotta Hotcakes pun selesai dibuat, dan dihias dengan irisan tipis buah pisang, taburan Icing Sugar, serta parutan cokelat. Setiap tim menikmati hasil masakannya sendiri dan mengabadikan moment acara tersebut dengan berfoto bersama Tristan Balian. That’s a wrap! Sebuah pengalaman memasak yang menyenangkan dengan Ismaya Catering Café! Jika kalian berminat untuk mengikuti acara memasak berikutnya, tunggu saja tanggal mainnya dan jangan sampai melewatkan kesempatan berikutnya. Siapa tahu kalian akan menemukan passion berbeda dengan memasak, and enjoy your own taste!




For more details about cooking class by ISMAYA, find on their twitter / FB.

ISMAYA CATERING.CO & Cafe
Grand Indonesia, 5th Fl Unit ED 2 - 12 A
Jl. M.H. Thamrin No,1
Jakarta Pusat
Twitter       : @ISMAYACATERING
Facebook : ISMAYA CATERING CO.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments