FOOD PHOTOGRAPHY

Friday, November 15, 2013

Food & Photography, dua hal yang saling berkaitan dalam industri kuliner dan blogging. Tertarik dengan food photography? let's find out how to be a good food photography..

Menjadi food fotografer tidak lah semudah yang dibayangkan, tentunya ketelitian dalam proses pengambilan gambar, penataan cahaya, tata letak dan estetika merupakan hal yang harus diperhatikan secara detail, tidak hanya itu, seorang food fotografer juga harus mencintai bidang yang digelutinya dan mengenal dekat dengan object tersebut sehingga foto yang dihasilnya tidak hanya menarik namun membuat orang yang melihatnya tergoda untuk menyantap makanan tersebut. Yess, that's what i did last week, i've got food photography project for new restaurant in Jakarta. It was an honour for me and a lil bit scared because i'm affraid if they don't like the result. Untill they see the result, and surprise me they love it :)

Here's the portfolio, all the menu is really tempting for me when i shoot them, maybe you should try sometimes guys. Hau Che is the new restaurant in west jakarta, nearby at Hayam Wuruk area. So if you have free time, please visit and enjoy all these menu. Anyway, i really appreciate if you want giving some advice and drop your comment for me, and i would love to share with you some tips that i learned about how to be a good food photographer, so we can learn together.. click click..

#FOODSTEPSJOURNAL CHOICES - SIDE DISH

YAM MIE SPECIAL - IDR 23.000






















BUBUR SINGKAWANG - IDR 23.000



ROASTED PORK - IDR 45.000




PORK SATAY - IDR 35.000



CU KIOK / PORK KNUCKLES - IDR 35.000



#FOOD PHOTOGRAPHY TIPS

1. Natural Lighting

Salah satu tempat terbaik untuk memotret makanan adalah dengan menggunakan cahaya alami, terutama disaat siang hari, dengan menggunakan cahaya alami membuat makanan tampak lebih natural dan lebih jernih ketimbang menggunakan cahaya di dalam ruangan. Selain itu untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, hindari penggunaan flash, karena menggunakan flash kemungkinan besar akan menimbulkan bayangan di beberapa bagian. Mungkin flash berguna untuk beberapa kondisi. :)

2. Props
Penataan makanan dan pengaturan meja merupakan hal yang penting, terutama saat meletakkan elemen tambahan seperti piring, mangkuk, gelas, garpu, bunga dan serbet jangan sampai memenuhi meja karena akan lebih menekankan props ketimbang makanan.

3. Be Quick
As quick as possible, usahakan untuk tidak mendiamkan makanan terlalu lama agar kondisi makanan tetap terlihat fresh. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan alat peraga sebelum makanan siap dan kemudian menggantinya dengan stand-in piring untuk mendapatkan eksposur yang tepat. So ketika makanan sudah siap, kamu tinggal melakukan foto session sesuai dengan contoh sebelumnya.

 4. Style it
Pay attention to the balance of food in a shot (color, shapes etc) and the most important things is STYLE IT! Penataan makanan dapat dilakukan dengan membuat konsep dan menyesuaikan style dan props sesuai dengan jenis makanan.

Hopefully it works for us, and i used natural lighting for all those photo. :)
 
#FOODSTEPSJOURNAL CHOICES - MAIN COURSE

NASI GORENG BBM - IDR 24.000
SEAFOOD BEE HOON - IDR 28.000
KWETIAU SEAFOOD - IDR 28.000
#FOODSTEPSJOURNALCHOICES - SIGNATURE DRINKS
























HAU CHE RESTAURANT
Chinese cuisine
Jl. Hayam Wuruk No. 125 G
(Besides sun city hotel & food plaza hayam wuruk)
Ph: 021 - 659 00 15 / 0812 8150 9773


  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah, anak kota juga ya? Hau Che enak ga makanannya? Sering lewat tapi ga pernah mampir gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha.. elly emang lo tinggal deket sana juga? Mampir dong kapan-kapan sekalian kuliner brg.. So far makanannya enak, porsinya lumayan dan harganya jg terjangkau, cobain nasi goreng bbm sama nasi goreng sambel terasi seafoodnya deh..

      Delete
  2. Itu kenapa nasi goreng bbmnya lebih bagus yah tampilannya, tempting gitu
    terus aku pas makan kok ga ada telur ceploknya, huhuhu..

    ReplyDelete