CARA MEMBUAT VISA RUSIA 2017 DI JAKARTA

Saturday, November 11, 2017

RUSIA yang dikenal sebagai negara terluas di dunia dengan luasan 17,1 juta km2 ini memang selalu mencuri perhatian para wisatawan, termasuk saya. Negara yang terkenal dengan keindahan ibukotanya Moskwa atau Moscow serta Saint Petersburg pun menjadi salah satu list dari perjalanan saya untuk menjadi Global Citizen ( I wish). 
THE ICONIC SAINT BASIL'S CATHEDRAL

Nah, sebelum bicara lebih jauh, first thing to do adalah bagaimana membuat visa Rusia terutama untuk kita yang memiliki paspor negara Indonesia, karena ternyata banyak juga warga negara Indonesia yang ingin ke Rusia namun takut dengan berbagai hal termasuk pengajuan visa.

Banyak artikel juga yang menyinggung bahwa pembuatan visa Rusia agak rumit karena banyak dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan visa rusia. So, I'll give you tips dan list dokumen apa saja yang kamu perlukan untuk mendapatkan visa Rusia 2017 terupdate!

AUTUMN IN MOSCOW, RUSSIA


FYI, mengajukan VISA Rusia akan di approve apabila kamu memiliki VISA SUPPORT LETTER, apa itu visa support? let's take a look how to get this visa support letter

Visa support letter adalah salah satu syarat dokumen untuk mengajukan visa Rusia yang dikeluarkan oleh institusi tertentu yang mengundang anda (apabila dalam rangka bisnis, seminar dll), perorangan (untuk kamu yang memilik teman atau saudara) dan Hotel/Travel agent  untuk tujuan wisata.

1. FLIGHT TICKETS
Confirmation of your tickets ini wajib hukumnya sebelum mengajukan aplikasi karena visa yang diberikan tergantung dari kapan kamu masuk dan keluar Rusia. If you stay around 8 nights then you'll only get 8 days of permit to stay in Rusia.


2. HOTEL / HOSTEL
Rusia berbeda dengan negara-negara lain yang pernah saya kunjungi. Untuk keperluan visa support dan visa Rusia kamu harus sudah benar-benar menentukan hotel / hostel mana yang akan kamu tinggali dan melakukan pembayaran / FULLY PAID di awal yang artinya bukan cuma bookingan hotel tapi juga sudah dilunasi pembayaran hotelnya.

3. INVOICE HOTEL
Nah, menyambung nomor 2, setelah kamu memesan hotel/hostel di online website andalan kamu, kamu harus segera email ke hotel tersebut untuk meminta INVOICE FULL PAYMENT yang sudah kamu lakukan untuk lampiran visa support.

note: untuk memudahkan hidup kalian pilih lah hotel yang kamu inginkan dengan kategori NON REFUNDABLE karena rata2 kalau pilih yang free cancellation kalian cuma bayar booking aja which akan lebih ribet lagi karena harus transfer ke hotelnya sendiri.


4. ITINARARY
Itinerary paling penting, setelah point 1 - 3 done, kamu harus melengkapi data-data tersebut seperti contoh itinarary saya dan memesan visa support di berbagai website yang terpecaya. Berikut adalah contoh itinarary perjalanan Moscow yang saya ajukan untuk visa support letter, apabila kamu naik kereta, maka jadwal tiket kereta, nomor dan sebagainya juga dimasukkan untuk pindah2 ke dalam kota.

MY ITINARARY

3.10.2017 - 14.10.2017 FLIGHT TG 436 JAKARTA BANGKOK
14.10.2017 - 14.10.2017 FLIGHT TG 974 BANGKOK MOSCOW
14.10.2017 - 17.10.2017 HOTEL SPUTNIK HOSTEL & PERSONAL SPACE
17.10.2017 - 17.10.2017 FLIGHT UT5 09 MOSCOW ST PETERSBURG
17.10.2017 - 20.10.2017 HOSTEL - BIGLAND HOSTEL
20.10.2017 - 20.10.2017 FLIGHT UT 560 ST PETERSBURG MOSCOW
20.10.2017 - 21.10.2017 HOTEL SPUTNIK HOSTEL & PERSONAL SPACE
21.10.2017 - 22.10.2017 FLIGHT TG 975 MOSCOW BANGKOK
22.10.2017 - 22.10.217 FLIGHT TG 435 BANGKOK JAKARTA

Note: Karena saya tidak suka terlalu banyak pindah2 kota dan lelah di packing and unpacking, jadi saya hanya memilih 2 kota saja yang akan saya jelajahi selama di Rusia karena 2 kota tersebut juga butuh sekitar 2-3 malam untuk mengunjungi semua tempat sejarah dan museum. 
Contoh Itinarary yang dikeluarkan oleh travel agent 


Berikut adalah 2 link yang saya janjikan supaya kamu lebih mudah memesan visa support letter.


1. https://www.destinationrussia.com/visa/russian-tourist-visa <- ini adalah yang paling murah sekitar $26 untuk single entry visa support and follow the instruction

2. http://ivisaonline.com/ <- ini juga mudah cuma mahal itunga USD $50 maybe you guys can compares in any website and choose wisely with the trusted website.

Yeay, when you're done with visa support letter then you can continue your application at Russian Embassy, located at Jl. H. R. Rasuna Said (persis didepan Pasar Festival dan halte busway).

Ini link untuk download formulir visa Rusia https://visa.kdmid.ru/

Ini adalah contoh Visa Support Letter yang diperlukan sebelum pengajuan visa Rusia

LIST & DOKUMEN yang perlu kamu ketahui dan diperlukan untuk membuat visa Rusia 2017;


1. PASPOR asli berserta copynya dan jangan lupa min. masih berlaku 6 bulan.
2. YOUR APPLICATION yang sudah diisi lengkap with pass photo ukuran 3X4 background putih sudah di lem di formulir aplikasi
3. 2 pass photo 3X4 background putih sebagai tambahan
4. VISA SUPPORT LETTER
5. ITINARARY
6. MONEY - siapkan $70 untuk pembayaran aplikasi at the embassy for 10 - 20 working days, if you want 3 days instant visa bayarnya lebih mahal sekitar $140, lumayan kan saving kalau memang tidak urgent.

Note: Berikut adalah tips saat ke Kedutaan Rusia
  • Rusian Federation Embassy buka setiap hari Senin - Jumat dengan waktu pelayanan pkl. 09.00 – 13.00 Wib. Jadi, pastikan kamu datang pagi hari sebelum jam 12.
  • Pakailah pakaian yang rapih dan sopan meskipun tidak ada interview. No sandal and short pants pastinya
  • Apabila ada informasi lebih lanjut bisa juga langsung menghubungi Kedutaan Rusia di (021) 5225795

That's it. I think mengajukanVisa Rusia tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja memang diperlukan semua kelengkapan dokumen di awal. Saat di Kedutaan Rusia juga, tidak ada interview yang dilakukan, jadi tinggal menunggu invoice saja untuk pengambilannya kapan karena semuanya sudah di check based on your itenarary. When you're done let's fly and say hello to  RUSIA.

If you have any question, feel free to drop any comment and question and I'll try my best to answer them... Do Svidaniya!

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. mas .. mau nanya donk .. saya rencana april ini ber7 ke rusia dpt thai airlines pp JKT-BKK-MOSCOW .. pulang jg transit BKK .. sy 2mlm di moscow dan 4 mlm di st.peters .. pengen lanjut ke eropa timur nih flight dr st.peters ke viena (total di eropa timur 7mlm).. balik dr praha ke moscow .. nah visa nya berarti harus dobel entry ya .. gimana ngurus visa nya nih klo rute nya begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Rini,

      Betul mba jadi saat memesan invitation letter pilih yg double entry visa ya dan make sure di detail itenarary dr moscow ke viena dan tgl brp masuk lagi ke moscow (no pesawat dsb nya juga dimasukkan).

      Kalau saran saya lebih baik maju untuk visa moscow dulu baru schengen or either way kebalikan juga nga masalah sih selama waktunya cukup.

      Delete