INDONESIA BEBAS VISA JEPANG??

Beberapa waktu lalu tersiar kabar yang menyatakan bahwa Indonesia mendapatkan salah satu privilege untuk liburan di Jepang selama 15 hari. Namun, ternyata hal tersebut hanya sebuah PHP bagi sebagian besar warga Indonesia yang sudah berencana dan ingin mengunjungi negeri matahari terbit, Jepang. Kebijakan bebas visa ternyata hanya untuk para traveler dari Malaysia dan Thailand, sementara untuk traveler dari Indonesia yang sudah memegang visa Jepang Multi-entry for 15 days dapat diperpanjang menjadi 30 hari.


Good News nya, daripada pusing memikirkan kapan Indonesia bisa bebas visa ke Jepang, baiknya kita menelusuri cara mudah mendapatkan visa Jepang! Nah, melakukan perjalanan jauh memang sebuah pengalaman seru, namun keseruan perjalanan tersebut dimulai saat kamu mencari tiket, akomodasi, transportasi serta mempelajari budaya setempat hingga menelusuri tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi. Kendalanya hanya satu, VISA! Yesss, beberapa negara memang wajib menggunakan visa dan hal tersebut hukumnya wajib, sama seperti Jepang dan kenyataannya sebagaian besar warga negara Indonesia mengatakan sulit untuk melakukan proses dan mendapatkan visa di beberapa negara seperti USA (it's definitely not easy), Australia, Eropa bahkan Jepang. 

Well, I will share my experience about visa application for JAPAN and USA also. It was so sad when I remembered about my USA Visa. But, to be honest proses pembuatan visa Jepang menurut gue jauh lebih mudah ketimbang USA. Dan, sampai sekarang sebagian besar para traveler dan masyarakat awam masih bingung dengan kedutaan Amerika yang dengan mudahnya menolak seseorang mendapatkan visa, bahkan jika kamu memiliki kelengkapan dokumen, surat undangan, surat sponsor, jaminan yang kuat dari salah satu sibling yang sudah menetap di USA dan sudah menjadi warga negara disana, it still NOT GUARANTEE.. That was what happened to me last year, and you wanna know what the office said to me;

He ; Sorry sir, your visa is not approved, you can try it later when you're ready!   
I said; Why? is there's something missing with my document?
And, he said; It's not about your document or anything. Just you're not ready yet now....
HAHA Can you believe it??

Yeah, I still don't get it why... Anyway, kembali ke proses pembuatan dan cara mudah mendapatkan visa Jepang. Follow these step guys:

1. Paspor
2. Foto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm sebanyak 2 lbr ( As usual, backgorund putih polos dan baju berkerah).
3. Download formulir aplikasi disini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
4. Fotocopy KTP
5. Print out Ticket dan Akomodasi
6. Formulir itenarary perjalanan, you can download here http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
7. Surat Sponsor / Surat keterangan yang menyatakan kamu bekerja di perusahaan tersebut.
8. Fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir + Surat referensi bank.

PS: Saat diruang tunggu, dekatilah agent/calo yang ada hanya untuk memastikan urutan dokumen yang kamu susun benar dan kalau kamu beruntung bertemu dengan calo yang baik, mereka akan memberikan kamu sebuah kertas kecil berlapis 3 yang wajib kamu isi sebagai tanda terima apabila dokumen kamu lengkap dan visa kamu disetujui mereka akan memberikan kamu kertas berwarna kuning. :)

As simple as that for the preparation! Now let's move to another step for interview;

A. COME EARLY
Secerah matahari pagi, secerah itu pula wajah gue dengan senyuman polos dan manis tepat pukul 7.30 AM di depan pintu loket kedutaan Jepang yang masih belum buka bersamaan dengan beberapa agent pengurusan visa yang baru berdatangan satu persatu, dan lucunya mereka sangat akrab, sopan and a lit bit weird for me :D Setiap kali agent yang datang terlambat atau lebih lama dari temannya, mereka akan ber-salaman satu-per-satu layaknya saat menghadiri undangan pernikahan. So, can you imagine apabila terdapat 20-30 agent dalam satu tempat? :)

Tapi ngak perlu khawatir apabila kamu nggak bisa bangun pagi, karena saat memasuki ruang pengajuan visa, loket personal application dengan loket agent sudah di bedakan secara otomatis. Jadi kebayang kan sebenarnya kalau pembuatan visa Jepang itu mudah dan gampang tanpa melibatkan pihak ke-3 serta antiannya juga tidak begitu panjang. Well, saat masuk kamu wajib mengambil nomor urut untuk menyerahkan seluruh dokumen yang diminta dari point 1-8 di atas.

B. JADWAL PENGAJUAN & PENGAMBILAN VISA
Loket biasanya baru dibuka pada pukul 08.30 dan ditutup pada pukul 12.00 wib. You need to remember that and better you came early like what I did. Dan, jadwal ini juga berlaku untuk pengambilan paspor serta visa kamu yang sudah di approve or not.

Note: Jangan lupa kamu wajib kembali 3 hari setelahnya untuk mengambil paspor dan visa dengan pembayaran sebesar 350.000 IDR, namun kalau kamu menggunakan jasa agent/calo biayanya sebesar 450.000 - 475.000 IDR.

C. INTERVIEW SESSION
Ehmmm... di kedutaan Jepang pun, kamu akan di interview oleh officer yang berkaitan saat penyerahan berkas, just take a deep breath and don't get nervous, karena basicnya mereka cuma bertanya; mau ngapain ke Jepang? berapa lama? siapa saja? And, kalau kamu yakin data kamu benar dan akurat, serta jawaban kamu juga benar, congratulations! Your VISA APPROVED. 

So that was my experience, it's easy right?? Gudluck and Let's get lost....


0 komentar:

Poskan Komentar

 

POPULAR POST

NEWS UPDATES

INSTAGRAM

Blogroll